HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN PADA WAKTU PELAKSANAAN TUGAS
Sikap Tampan dan Perilaku Anggota Satpam
1 Memelihara kebersihan badan
a) Rambut dicukur rapih
b) Kumis dicukur rapih
c) Jambang dan Jenggot sebaiknya dicukur habis dan bersih
d) Pakaian rapih bersih sesuai ketentuan tentang seragam satpam
2) Ulet, Tabah. Sabar, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya.
3) Mentaati peraturan-peraturan negara dan menghormati norma-
norma yang berlaku di dalam lingkungan kerja / kawasan kerja
serta masyarakat.
4) Memegang teguh rahasia yang dipercayakan kepadanya.
5) Bertindak tegas. jujur, berani. adil bijaksana.
6) Cepat tanggap ( Responsif dalam memberikan perlindungan/
pengamanan pada masyarakat lingkungan kerjanya).
b. Perlengkapan Perorangan
1Kartu Tanda Anggota Salpam
2) Kartu Tanda Penduduk.
3| Surat keterangan lainnya ( SIM) Surat keterangan pemegang borgol
dan sebagainya).
4) Buku saku.
5) Pensil ( Ballpoin )
6) Peluit ( Sempritan )
7) Perlengkapan lain sesuai tugas / kepentingan
c. Cara Menerima Tamu
1 Berpakaian rapi sesuai ketentuan yang berlaku.
2) Sapalah tamu yang datang dengan ramah dan sopan. berdiri dan
salamilah tamu tersebut
3) Tamu dipersilahkan duduk dikursi / diruang tamu/ ditempat yang
telah disediakan.
4) Hidarkan sikap atau kesan bahwa petugas lebih penting dari tamu.
5) Peilakukan setiap tamu sama dan jangan membedakan tamu.
tetapi perhatikan usia, wanita atau anak-anak yang diutamakan.
6) Berikan bantuan pengarahan dan petunjuk sesuai dengan
keperluan tamu tersebut, dengan memperhatikan ketentuan yang
berlaku di lingkungan kerja.
7) Selama menerima tamu, hindarkanlah kata-kata dan sikap kurang
simpatik.
8) Setelah selesai, salami, ucapkan terima kasih dan antarkan tamu
sampai kepintu.
d. Cara Menerima dan Menqirim Berita Melalui Telepon
1) Segera angkat begitu telepon berdering, jangan biarkan telepon
berdering berulangkali.
2) Berikan salam, sebutkan noma petugas satpam dan instansi /
perusahaan.
Contoh :
Selamat Pagi / Siang / Malam
Satpam Indoplywood
Dengan Trisno dengan siapa saya bicara dan sebagainya.
3) Suara hendaknya jelas, berwibawa sehingga mudah didengar.
hindari kata-kata dan cara yang kurang sopan.
4) Berikan jawaban yang baik dan apabila tidak menguasai materi.
berikan penjelasan yang bijaksana.
5) Catat semua pembicaraan telepon dengan memuat:
a) Dari Mana / Siapa
b) Untuk Siapa
c) Isi berita
d) Kapan diterima
e) Siapa penerima
6} Pada waktu mengirim berita. setelah benar nomor / alamat yang
dituju nama dan ingin bicara dengan siapa
Contoh:
Selamat Pagi / Sore / Malam
Dengan Trisno anggota satpam Indoplywood dapatkah saya
berbicara dengan ... dst.
7) Tutup pembicaraan telepon dengan ucapan terima kasih dan
selamat pagi, siang dst.
a) Rambut dicukur rapih
b) Kumis dicukur rapih
c) Jambang dan Jenggot sebaiknya dicukur habis dan bersih
d) Pakaian rapih bersih sesuai ketentuan tentang seragam satpam
2) Ulet, Tabah. Sabar, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya.
3) Mentaati peraturan-peraturan negara dan menghormati norma-
norma yang berlaku di dalam lingkungan kerja / kawasan kerja
serta masyarakat.
4) Memegang teguh rahasia yang dipercayakan kepadanya.
5) Bertindak tegas. jujur, berani. adil bijaksana.
6) Cepat tanggap ( Responsif dalam memberikan perlindungan/
pengamanan pada masyarakat lingkungan kerjanya).
b. Perlengkapan Perorangan
1Kartu Tanda Anggota Salpam
2) Kartu Tanda Penduduk.
3| Surat keterangan lainnya ( SIM) Surat keterangan pemegang borgol
dan sebagainya).
4) Buku saku.
5) Pensil ( Ballpoin )
6) Peluit ( Sempritan )
7) Perlengkapan lain sesuai tugas / kepentingan
c. Cara Menerima Tamu
1 Berpakaian rapi sesuai ketentuan yang berlaku.
2) Sapalah tamu yang datang dengan ramah dan sopan. berdiri dan
salamilah tamu tersebut
3) Tamu dipersilahkan duduk dikursi / diruang tamu/ ditempat yang
telah disediakan.
4) Hidarkan sikap atau kesan bahwa petugas lebih penting dari tamu.
5) Peilakukan setiap tamu sama dan jangan membedakan tamu.
tetapi perhatikan usia, wanita atau anak-anak yang diutamakan.
6) Berikan bantuan pengarahan dan petunjuk sesuai dengan
keperluan tamu tersebut, dengan memperhatikan ketentuan yang
berlaku di lingkungan kerja.
7) Selama menerima tamu, hindarkanlah kata-kata dan sikap kurang
simpatik.
8) Setelah selesai, salami, ucapkan terima kasih dan antarkan tamu
sampai kepintu.
d. Cara Menerima dan Menqirim Berita Melalui Telepon
1) Segera angkat begitu telepon berdering, jangan biarkan telepon
berdering berulangkali.
2) Berikan salam, sebutkan noma petugas satpam dan instansi /
perusahaan.
Contoh :
Selamat Pagi / Siang / Malam
Satpam Indoplywood
Dengan Trisno dengan siapa saya bicara dan sebagainya.
3) Suara hendaknya jelas, berwibawa sehingga mudah didengar.
hindari kata-kata dan cara yang kurang sopan.
4) Berikan jawaban yang baik dan apabila tidak menguasai materi.
berikan penjelasan yang bijaksana.
5) Catat semua pembicaraan telepon dengan memuat:
a) Dari Mana / Siapa
b) Untuk Siapa
c) Isi berita
d) Kapan diterima
e) Siapa penerima
6} Pada waktu mengirim berita. setelah benar nomor / alamat yang
dituju nama dan ingin bicara dengan siapa
Contoh:
Selamat Pagi / Sore / Malam
Dengan Trisno anggota satpam Indoplywood dapatkah saya
berbicara dengan ... dst.
7) Tutup pembicaraan telepon dengan ucapan terima kasih dan
selamat pagi, siang dst.
Komentar
Posting Komentar